Sudut Pandang

Sudut pandang

Beberapa bulan lalu, diminta mengisi materi tentang Art Director di Universitas Negeri Padang, bah! bingung lah saya karena pengalaman perdana juga.

Dan saya buat materi workshop hanya pas 1 Jam sebelum acara di mulai.

Akhirnya Saya putuskan untuk mengisi hal dasar aja berdasarkan pengetahuan dan pengalaman Saya selama kerja.

Saya fokuskan pada 3 hal utama yaitu; mengenal bentuk, mengenal komposisi dan sudut pandang, menurut Saya ketiga hal itu adalah yang utama dalam menjadi seorang Art Director, Kita harus mengenali bentuk objek dulu, memahami tiap sudut, baru nanti akan bisa mengkomposisikan jadi sesuatu yang secara estetika itu enak untuk di lihat dan jelas apa yang mau di fokuskan.

Lalu sudut pandang itu, itu lah penentu, dari sudut mana Kita menampilkan keindahan, dari sudut mana framing cerita atau pesan akan disampaikan, dan dari sudut pandang juga hal indah itu terlihat, tergambar, dan emosi terbawa.

Mengenai sudut pandang, Saya sedikit menekankan pada bagian ini, karena sudut pandang itu sangat penting.

Saya bilang, selalu ada hal indah di sekeliling Kita, selalu ada hal baik, selalu ada yang menarik di manapun berada, cuman tidak semua orang bisa melihatnya.

Kalau memang mau fokus Kita bisa melihatnya, itu semua harus di latih denganfeeling, intuisi, dan sense, dan harus terlatih tiap hari.

Saya memutuskan kasih tugas ke peserta workshop, untuk coba tangkap hal indah yang ada diruangan workshop, dengan alat seadanya, dan apa adanya,

Lalu mereka begitu luar biasa bisa menemukan hal indah yang banyak orang tidak sadari, mereka bisa karena menggunakan fokus mereka untuk menemukan hal indah dari sudut pandang mereka.

Sudut pandang itu menentukan, bukan hanya di keindahan, tapi juga di kehidupan, sudut pandang itu akan berpengaruh pada prilaku, tindakan atau keputusan.

Selalu ada hikmah dalam tiap kejadian, selalu ada hal baik dalam keburukan, selalu ada keindahan dalam hidup, hanya Kita tidak fokus melihat keindahan itu, dalam tiap foto hanya menangkap yang menarik dan indah, padahal kenyataan tidak seperti itu, tapi yang tertangkap itu akan menentukan apakah akan menikmati atau akan terbawa emosi melihat keadaan tidak sesuai keinginan.

Saya selalu sering mengatakan "there's always blessing in disquise", selalu ada berkah tersembunyi, dalam hidup selalu ada berkah, tapi kita tidak menyadari.

Karena sudut pandang, tidak kita fokuskan untuk hanya menangkap keindahan.